Widget HTML Atas

728x90.id
aaaa

Tren Bisnis Logistik di Indonesia Meningkat, Ini Aksi DHL


Deutsche Post DHL Group mencatat tren bisnis logistik di Indonesia menguat terlebih pada masa pandemi. Perusahaan logistik global ini pun merencanakan pertumbuhan dan investasi lebih lanjut di Indonesia. Masa pandemi Covid-19 mempertegas bahwa kegiatan logistik sangat penting.

“Dengan situasi yang mudah bergejolak serta lingkungan yang semakin kompleks, pelanggan beralih pada mitra logistik yang andal dengan rekam jejak internasional, infrastruktur yang mapan, serta kepiawaian di bidang ini,” kata Frank Appel, CEO, Deutsche Post DHL, dalam keterangan tertulis.

Dia menyebutkan pihaknya telah menginvestasikan sekitar 140 juta Euro di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun hingga saat ini. Di Indonesia, dengan tenaga kerja andal yang memiliki solusi inovatif untuk pasar, kata dia, perusahaan membukukan bisnis yang kokoh serta tangguh, siap akan pertumbuhan lebih besar.”

Pertama kali didirikan di Indonesia pada 1973, Deutsche Post DHL Group mengoperasikan tiga divisi bisnis di Indonesia yang secara kolektif menawarkan layanan rantai pasokan end-to-end. DHL Express adalah penyedia layanan ekspres terkemuka, DHL Global Forwarding, spesialis angkutan udara dan laut, serta DHL Supply Chain, spesialis kontrak logistik dalam Grup.

Bersama-sama, bisnis DHL mempekerjakan lebih dari 2.300 karyawan, mengoperasikan gudang seluas 525.000 meter persegi, serta beroperasi dengan 120 penerbangan setiap harinya, menghubungkan bisnis di Indonesia melalui jaringan global DHL yang mencakup 220 negara dan teritori.

Vincent Yong, Presiden Direktur, DHL Global Forwarding Indonesia, mengatakan pandemi mempengaruhi peningkatan permintaan layanan logistik. Di DHL Global Forwarding Indonesia, tenaga kerja meningkat sejak tahun 2021.

Dia menambahkan jaringannya juga terpilih untuk digunakan dalam pengiriman vaksin COVID-19. Dengan itu dilakukan pengantarana vaksin ke 24 lokasi di Indonesia, menangani importasi melalui penerbangan komersial, dan chartered flights. Vaksin tersebut harus ditangani dengan kontrol suhu yang sangat ketat dan jaminan kualitas,” kata.

“Baru-baru ini DHL juga bertanggung jawab atas penanganan logistik Formula E pertama di Indonesia. Kami menyediakan layanan logistik end-to-end multi-modal termasuk layanan bernilai tambah, seperti proses customs clearance, pemeriksaan fisik dan angkutan darat, menggunakan peralatan canggih untuk melakukannya.”

Investasi di Indonesia

Secara kolektif, DHL telah berinvestasi sebesar 140 juta Euro di Indonesia selama kurun waktu 10 tahun terakhir hingga saat ini. DHL Express, penyedia layanan ekspres terkemuka dari Grup, telah mempercepat investasinya di Indonesia.

Perusahaan telah menambahkan tenaga kerjanya sebesar 7 persen pada tahun 2021, dan pada tahun 2022, terdapat pertumbuhan 13,5 persen. DHL Express Indonesia lebih lanjut mengumumkan investasi yang dialokasikan untuk empat fasilitas baru di Indonesia dalam 2 tahun ke depan.

“Kami telah hadir di Indonesia sejak 1973, dan kami masih terus berinvestasi. Kami telah mengalokasikan investasi sebesar 25 juta Euro untuk penggantian armada dan empat fasilitas baru dalam dua tahun ke depan, yaitu Gateway baru di Surabaya dan Denpasar, serta Service Centre baru di Bekasi dan Tangerang. DHL Express Bekasi Service Center baru saja beroperasi pada bulan Juli lalu,” kata Ahmad Mohamad, Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia,

“DHL Express telah mengoperasikan 48 gerai ritel dan titik layanan di berbagai lokasi utama di Indonesia, investasi kami akan terus melayani pertumbuhan di kota-kota, memungkinkan kami dalam memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan, yang tentu saja turut mendukung pertumbuhan ekonomi negara.”

Perusahaan seinduk, DHL Supply Chain (DSC), sebelumnya juga mengumumkan rencana untuk menginvestasikan 25 juta Euro untuk fasilitas seluas 40.000 meter persegi yang akan dibangun di Cikarang, Jawa Barat. Ditargetkan selesai pada tahun 2023, fasilitas DHL Maheswara Green Logistics merupakan fasilitas multi-user ketujuh yang ada di Indonesia.

Fasilitas multi-user yang besar ini dirancang untuk mendukung berbagai macam barang dari beragam industri yang memberikan fleksibilitas untuk berbagai bisnis yang beroperasi di Indonesia. Fasilitas baru ini juga dibangun dengan tujuan untuk menunjukkan solusi berkelanjutan dalam mengurangi emisi karbon.

Solusi Hijau

Sivananthan SKS, Presiden Direktur DHL Supply Chain Indonesia mengatakan keberlanjutan adalah kunci Grup DPDHL dengan tujuan mencapai logistik nol-emisi pada tahun 2050. Grup sebelumnya telah mengumumkan akan menginvestasikan 7 miliar Euro clean operations dan climate-neutral logistics hingga 2030”, kata

“Di seluruh bisnis kami di Indonesia, fasilitas baru dilengkapi dengan panel surya, lampu surya, lampu LED, dan solusi hemat energi lainnya. Perusahaan seinduk kami, DHL Express, telah mulai menggunakan sepeda motor listrik dan mobil van listrik untuk pengiriman serta berencana mentransformasi setidaknya setengah dari armadanya menjadi armada listrik pada tahun 2024.”

Secara global, sejak Januari 2021, DHL Global Forwarding telah menetralisir emisi karbon dari semua pengiriman angkutan laut dengan Less-than-container load (LCL) menggunakan bahan bakar laut yang berkelanjutan, termasuk pengiriman angkutan laut menuju dan dari Indonesia.

Hal ini telah dilakukan tanpa adanya biaya tambahan kepada pelanggan, mendukung tujuan emisi karbon mereka melalui layanan LCL GoGreen Plus dengan total 370.600 pengiriman sejak program dimulai. Bisnis ini juga telah menandatangani perjanjian dengan Hapag-Lloyd, perusahaan pelayaran kapal terkemuka di dunia, untuk penggunaan biofuel tingkat lanjut.

Sebagai langkah awal, Hapag-Lloyd akan mengirimkan 18.000 TEU volume DHL menggunakan biofuel canggih, yang menunjukkan skalabilitas solusi transportasi berkelanjutan dan relevansi bahan bakar berkelanjutan di pasar saat ini.

Investasi SDM


Frank Appel, CEO, Deutsche Post DHL, mengatakan Indonesia merupakan contoh yang sangat baik dari sisi SDM. Dengan strategi yang tepat, tenaga kerja yang termotivasi dengan pandangan yang positif, akan mencapai hasil yang baik.

“Di seluruh grup, kami percaya untuk berinvestasi pada staf kami, karena staf yang terlibat dan termotivasi, akan memberikan kualitas layanan yang luar biasa kepada pelanggan kami dan pada akhirnya akan mendorong bisnis kami.”

Di seluruh Indonesia, ketiga unit bisnis tersebut merupakan penerima penghargaan Great Place to Work™ global, yang menganugerahkan tempat kerja terbaik. Penghargaan ini didasarkan pada data survei rahasia yang menilai pengalaman karyawan dalam kepercayaan, inovasi, nilai-nilai perusahaan, dan kepemimpinan.

Perusahaan juga dinilai berdasarkan seberapa baik mereka menciptakan pengalaman kerja yang mencakup semua karyawan, terlepas dari siapa mereka atau apa yang mereka lakukan. Kunci keberhasilan grup adalah program keseluruhan dari Grup yang dikenal dengan sebutan Certified, diperkenalkan untuk mempercepat budaya dan pengembangan DNA berdasarkan fokus dan kepercayaan pelanggan.

Hal ini termasuk pelatihan yang menginspirasi dan konten keterlibatan yang disampaikan oleh para pemimpin senior dengan bisnis yang mendorong, mengenali, dan menghargai perilaku penting.

“Karyawan kami di Indonesia telah mendapatkan pelatihan bersertifikat dengan penambahan jumlah program yang berkesinambungan pada perjalanan dan pelatihan Certified mereka seiring dengan perkembangan mereka di perusahaan ini.” []

Sumber: Liputan6

Social Proof 14in1