Widget HTML Atas

pebisnismuslim.com

Tips Terbaik untuk Membuka Outlet Waralaba Kurir yang Sukses di Indonesia

Permintaan jasa pengiriman paket dan kurir di Indonesia semakin melonjak seiring dengan peningkatan belanja online dan perkembangan ekonomi di daerah-daerah luar Jawa. Memulai outlet franchise kurir Anda adalah cara yang bagus untuk mengikuti tren ini dan mulai menghasilkan uang dari bisnis Anda sendiri atau sebagai pendapatan sekunder. Untuk mengatasi persaingan di Indonesia yang semakin ketat, inilah beberapa tips terbaik untuk menjamin kesuksesan outlet franchise jasa kurir Anda.

Memilih Lokasi yang Tepat

Lokasi, lokasi, lokasi – inilah faktor terpenting dalam bisnis franchise kurir di Indonesia karena Anda harus menemukan tempat yang strategis di antara permintaan jasa pengiriman paket dan daerah yang tidak terlalu penuh dengan persaingan. Melakukan penelitian sebelum berinvestasi dalam outlet franchise jasa pengiriman adalah langkah yang sepadan. Artinya, Anda harus mengevaluasi tingkat persaingan di suatu daerah dan berbicara dengan calon pelanggan dan pemilik bisnis lokal tentang kebutuhan pengiriman paket mereka. Apakah mereka puas dengan layanan yang mereka terima saat ini? Jika tidak, mengapa dan apa yang dapat dilakukan outlet jasa pengiriman Anda untuk mengatasinya? Jika ya, bagaimana Anda dapat mengajak mereka untuk mencoba layanan Anda? Pikirkan tentang harga dan promosi musiman, misalnya selama Lebaran, serta tawarkan kemudahan dalam pengambilan dan pelacakan paket di seluruh Indonesia.

Seiring dengan perkembangan kota-kota sekunder dan tertier di Indonesia, ada banyak peluang untuk outlet waralaba kurir dalam niche yang kurang terlayani. Kalimantan dan daerah-daerah Indonesia Timur, seperti Sulawesi dan Maluku memberikan peluang besar untuk outlet jasa pengiriman dan kurir yang baru. Selain itu, bisnis ini masih memiliki ruang untuk berkembang di kota-kota seperti Surabaya dan Denpasar.

Membangun Jaringan Pelanggan

Mendapatkan pelanggan untuk franchise jasa pengiriman dan kurir Anda merupakan tantangan terbesar yang dialami penerima waralaba (franchisee) baru saat memulai usaha. Dengan banyaknya pilihan perusahaan jasa pengiriman dan kurir, Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor penentu utama untuk pelanggan Indonesia, yaitu harga dan kemudahan. Artinya, pelanggan Indonesia umumnya tidak benar-benar loyal pada suatu brand jasa pengiriman tertentu. Dengan promosi yang tepat, mereka bisa dengan mudah berpindah ke layanan Anda.

Ini berarti Anda harus mempromosikannya dan mengembangkan jaringan Anda untuk membangun pemasaran dari mulut ke mulut. Bisnis di Indonesia adalah tentang koneksi pribadi. Jadi, kunjungi bisnis-bisnis lokal di daerah Anda dan perkenalkan diri Anda. Lalu, tinggalkan materi-materi promosi seperti pamflet, hadiri pertemuan KADIN lokal, carilah co-working space, dan coba ikuti acara networking bisnis lainnya, seperti acara untuk bisnis dan toko online. Pahami kebutuhan di daerah sekitar Anda dan berikan perhatian khusus pada calon-calon pelanggan yang memiliki kebutuhan khusus yang bisa Anda penuhi, seperti pengiriman dokumen di hari yang sama (same day delivery), pengiriman online shop, atau pengiriman komersial.

Melebihi Ekspektasi

Agar menonjol di antara outlet franchise kurir lainnya, Anda harus melebihi ekspektasi dalam hal layanan pelanggan dan kecepatan pengiriman. Artinya, Anda harus memberikan pengalaman yang sangat baik pada semua pelanggan. Sebagai contoh, staf yang terlatih dengan baik memberikan sambutan yang hangat saat pelanggan mendatangi outlet waralaba Anda atau Anda memberikan sesuatu, seperti merchandise gratis atau kupon diskon untuk mendorong mereka menggunakan jasa kurir Anda lagi.

Memberikan pengalaman yang melebihi ekspektasi juga berarti mempekerjakan sumber daya manusia terbaik untuk layanan pengiriman Anda. Karena kemacetan sering terjadi tidak hanya di Jakarta tetapi juga di kota-kota sekunder, outlet waralaba pengiriman Anda membutuhkan kurir dan pengemudi yang mengetahui jalan-jalan belakang dan pintas, sekaligus jalan-jalan yang harus dihindari, serta memastikan bahwa slot pengiriman selalu terpenuhi.

Mendorong Pelanggan untuk Memberikan Umpan Balik

Feedback pelanggan, baik positif maupun negatif, selalu berharga karena membantu Anda memahami hal-hal yang sudah dilakukan dengan baik dan hal-hal yang dapat ditingkatkan oleh waralaba jasa kurir Anda. Pelanggan yang senang dan puas sebaiknya didorong dan diberikan insentif untuk berbagi pengalaman mereka melalui pemasaran dari mulut ke mulut dan media sosial. Pelanggan yang tidak puas harus ditangani dengan hati-hati untuk mencegah rusaknya reputasi franchise jasa kurir Anda. Jika mereka memberikan review negatif, pastikan Anda menanggapinya dan berjanji akan meningkatkan layanan. Semua umpan balik bermanfaat, jadi selalu mintalah pelanggan untuk memberikan pendapat dan umpan balik tentang layanan kurir dan pengiriman Anda.

Memilih Waralaba Jasa Pengiriman yang Tepat

Terakhir tetapi tidak kalah penting, agar semua upaya wirausaha Anda benar-benar terbayarkan, Anda harus memilih franchise kurir yang tepat di Indonesia. Persaingan dalam industri layanan kurir di Indonesia menjadi semakin ketat, seiring para pemain tradisional yang lebih besar menghadapi peningkatan persaingan dari berbagai start-up baru yang mampu menawarkan pilihan pengiriman paket yang lebih mengandalkan teknologi, lancar, dan hemat biaya ke seluruh Indonesia.

Saat memilih franchise jasa kurir, Anda harus mempertimbangkan reputasi brand, jaringan di seluruh Indonesia, dan tentunya dukungan yang mereka tawarkan pada outlet franchise kurir mereka. Pastikan Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tepat tentang franchise jasa pengiriman yang Anda inginkan dan carilah contoh-contoh outlet franchise yang sukses, bukan sekadar cabang-cabang yang dijalankan sendiri oleh mereka. []

Disunting dari Blog JET Express

728x90.id
Social Proof 14in1